F.A.Q

Apa itu idebiz.id?

  • Idebiz.id merupakan portal online yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi SDM di Indonesia terutama yang terkait keparwisataan serta sektor-sekor pendukungnya.

Mengapa saya harus belajar di idebiz.id?

  • Agar tetap kompetitif di bidang yang pembelajar jalani, pembelajar perlu terus meningkatkan kompetensi dan keahlian secara berkelanjutan. Pembelajar perlu terus belajar dan berlatih tidak hanya dari institusi Pendidikan formal. Tapi juga belajar dari pelatihan/kursus dengan narasumber pakar, professional dan orang-orang sukses di bidangnya masing-masing. Anda bisa belajar dari pelatihan/kursus dengan narasumber mereka sesuai kebutuhan masing-masing.

Keahlian apa saja yang diajarkan di idebiz.id?

  • Semua jenis keahlian dan keterampilan terutama di bidang industri pariwisata yang bisa dirasakan manfaatnya secara langsung atau mendatang. Mulai dari pelatihan pariwisata, kewirausahaan,peningkatan SDM dan lain sebagainya.

Apa yang membedakan idebiz.id dengan e learning lain?

  • Idebiz.id adalah platform educational technology (Edutech) atau teknologi pengajaran. Nilai utama idebiz.id adalah anywhere and anytime,easy, fun and impression.
  • Idebiz.id menyediakan teknologi dengan skalabilitas dan fleksibilitas tinggi untuk memperkaya pengalaman belajar-mengajar dan memaksimalkan hasil belajar. Mulai dari kemampuan menampilkan semua format digital (video,audio,video slide,PDF,teks,gambar,dll), fitur berlatih kuis (kuis,tugas), fitur interaksi (forum,pengumuman,berita,teleconferance),analytic kelas,otomisasi, mobile and user friendly, dll.
  • Idebiz.id adalah ruang belajar mengajar yang bisa dipilih, dikustomisasi dan diakses kapanpun serta dimanapun dibutuhkan. Ketika pembelajar sudah bergabung kedalam salah satu pelatihan, pembelajar bisa belajar kapanpun,dimanapun untuk belajar.
  • Metode pengajaran di idebiz.id lengkap dengan modul pembelajaran yang bisa di download, video pembelajaran dan teleconference dengan narasumber terbaik sesuai pelatihan dan paket pembelajaran pilih.

Bagaimana cara belajar di idebiz.id?

  • Dimanapun dan kapanpun pembelajar dapat mengakses idebiz.id dengan komputer/laptop atau smartphone dengan koneksi internet. Calon pembelajar hanya harus membuat akun di idebiz.id secara gratis, memilih pelatihan yang diinginkan dan masuk pelatihan kapan saja.

Siapa yang mengajar di idebiz.id?

  • Pengajar/narasumber/mentor di idebiz.id ada Lembaga kursus,LPK atau training center.

Siapa yang bisa belajar di idebiz.id?

  • Siapa saja setiap orang yang membutuhkan peningkatan keahlian dan keterampilan di bidang yang mereka jalani atau inginkan. Khususnya di bidang pariwisata.

Apa syarat belajar di idebiz.id?

  • Tidak ada syarat khusus. Semua orang dapat belajar di idebiz.id dengan norma hokum dan social. Setiap pembelajar dapat masuk ke semua pelatihan gratis dan berbayar sesuai syarat & ketentuan yang berlaku. Untuk pelatihan yang berbayar, pembelajar harus membayar terlebih dahulu sebelum mendapatkan akses masuk ke pelatihan yang dipilih. Untuk kelas gratis, pembelajar bisa langsung masuk dan mengikuti pelatihan dengan gratis.

Bagaimana cara mendaftar?

  • Tekan tombol daftar pada halaman landing page. Masukan perintah yang terdapat dalam menu daftar.

Apakah ada biaya mendaftar keanggotaan di idebiz.id?

  • Tidak ada. Menjadi pembelajar atau calon pembelajar di idebiz.id tidak dikenakan biaya apapun, gratis selamanya.

Bagaimana metode pembayaran?

  • Pembayaran seluruh pelatihan yang terdapat di idebiz.id dikelola satu pintu melalui dan atas nama Hairullah Gazali, bukan kepada narasumber atau yang lainya.
  • Pembayaran dilakukan secara elektronik dan otomatis.
  • Terdapat dua tipe metode pembayaran, pertama pembayaran bank transfer dengan verifikasi manual dan pembayaran bank transfer dengan verifikasi otomatis. Untuk pembayaran otomatis dapat dilakukan dengan penggunaan virtual account, pembayaran multi payment melalui indomaret dan alfamart, go pay, ovo, link aja serta metode pembayaran lainnya.
  • Untuk tipe pembayaran bank transfer dengan verifikasi manual ke rekening bank Mandiri atas nama Hairullah Gazali yang sudah ditampilkan di laman pembayaran.

Bagaimana keamanan pembayaran dan data konsumen di idebiz.id?

  • Dengan metode pembayaran transfer baik verifikasi otomatis atau manual, idebiz.id tidak menyimpan dan memproses data pembelajar apapun sebagai nasabah sebuah bank. Idebiz.id hanya mengetahui asal pembayaran dari jumlah yang pembelajar bayarkan yang tercatat dalam mutase rekening idebiz.id a.n. Hairullah Gazali.

Bagaimana cara konfirmasi pembayaran?

  • Tidak diperlukan konfirmasi pembayaran. Sistem pembayaran idebiz.id sepenuhnya berjalan secara otomatis mendeteksi nominal yang pembelajar telah bayarkan/transfer. Setiap order akan memiliki angka unik nominalnya sendiri yang berguna untuk melacak hubungan antara order dan nominal pembayaran. Teknologi ini memungkinkan pembelajar melakukan pembayaran dari rekening yang berbeda dengan nama pembelajar yang terdaftar di idebiz.id.
  • Setelah pembayaran dilakukan oleh pembelajar, system kami akan membutuhkan waktu 1-10 menit untuk memverifikasi pembayaran dan order. Setelah itu otomatis pelatihan yang pembelajar bayarkan akan terbuka untuk pembelajar, dan pembelajar akan mendapatkan pemberitahuan melalui email dan whatsapp notifikasi.
  • Pada dini hari pukul 00-00-04.00, bank biasanya melakukan pemeliharaan sistem sehingga transfer akan tertunda sampai setelah pukul 04.00 subuh. Pembayaran pembelajar baru akan masuk ke mutase rekening idebiz.id a.n. Hairullah Gazali setelah pukul 04.00 dan pelatihan akan terbuka setelahnya.
  • Bila 1 jam setelah pembayaran pelatihan yang pembelajar bayarkan belum dapat diakses, mohon mengirimkan email ke id.biz.id@gmail.com atau hubungi nomor narahubung yang tertera di website kami

Apa media pengajaran yang digunakan?

  • Semua format digital bisa digunakan di idebiz.id. Mulai dari video, audio, slide, PDF, teks, gambar dan sebagainya.

Saya sibuk, bisakah melanjutkan kapan saja?

  • Bisa, sesuai dengan slogan kami “Anywhere and anytime, Easy, Fun and impression” , dengan catatan pelatihan yang bukan event.

Bagaimana cara lulus di sebuah pelatihan?

  • Setiap pelatihan memiliki fitur berlatih seperti kuis dan penugasan sesuai dengan paket pelatihan yang dipilih atau pelatihan event yang diselenggarakan.
  • Setiap peserta pelatihan harus menyelesaiakan pelatihan step by step urut sesuai dengan sesi materi dan quiz yang terdapat di materi pelatihan.
  • Setiap quiz atau penugasan memiliki skor masing-masing yang ditentukan oleh mentor.
  • Skor dari quiz akan diakumulasikan secara otomatis setelah pembelajar mengerjakanya menjadi total skor. Setiap narasumber/mentor berhak menentukan total skor minimal (passing grade) di setiap pelatihan.
  • Misal semua quiz/ penugasan memiliki total skor 100 dan narasumber/mentor menetapkan passing grade 75%. Artinya, pembelajar harus mendapatkan minimal total skor 75 untuk lulus. Passing grade di setiap pelatihan berbeda-beda sesuai pengaturan skor yang sudah ditetapkan.

Apa yang pembelajar dapatkan bila lulus pelatihan?

  • Pembelajar akan mendapatkan lencana atau e-certificate pelatihan sesuai dengan paket yang pembelajar ikuti secara otomatis jika semua sesi dan pelatihan diikuti dengan runtut sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku. E-certificate dapat di download/ diunduh di pelatihan yang pembelajar pilih dan bisa di download kapanpun.

Saya gagal dalam quiz, bisakah saya mengulangi lagi?

  • Quiz dapat diulang sampai jawaban benar, selanjutnya pembelajar dapat melanjutkan quiz selanjutnya

 Apakah idebiz.id membuka pelatihan offline?

  • Idebiz.id juga menyediakan pelatihan offline. Pelatihan offline dapat digabungkan dengan pelatihan online yang dapat disebut sebagai pelatihan hybrid.

Bagaimana cara saya berdiskusi atau berkonsultasi dengan narasumber/ mentor dan pembelajar lain?

  • Pada setiap pelatihan tersedia fitur forum diskusi khusus yang hanya bisa diakses para pembelajar yang bergabung di pelatihan tersebut. Fitur ini dapat diakses oleh siapapun narasumber/ mentor maupun pembelajar lainya.

Bagaimana cara mendapatkan e-certificate pelatihan?

  • E-certificate hanya didapatkan oleh pembelajar yang lulus dengan passing grade (total skor minimal) quiz dan penugasan yang di tentukan dan terdapat di paket pelatihan full paket. Bila pembelajar dalam melaksanakan pelatihan tidak menyelesaikan step by step pelatihan, pembelajar tidak akan mendapatkan e-certificate.

Apakah idebiz.id tersedia di mobile app?

  • Belum. Sampai saat ini idebiz.id bisa diakses menggunakan PC desktop, laptop dan smart phone. Idebiz.id juga sudah teroptimasi untuk tampilan mobile. Rencananya di tahun 2020 idebiz.id akan merilis mobile app untuk Android dan IOS.

 Apa itu kuis dan tugas?

  • Quiz dan penugasan adalah fitur penting dari idebiz.id yang bertujuan agar pembelajar berlatih sesuai dengan materi yang telah diajarkan melalui quiz dan penugasan. Disajikan dengan bentuk multiple choice atau penugasan langsung dari narasumber/ mentor untuk menguji pembelajar memahami materi yang telah diikuti.

Bagaimana bila saya tidak puas dengan pengajaran di kelas yang sudah saya bayar?

  • Idebiz.id memiliki kebijakan refund atau pengembalian uang keanggotaan kelas 100% dengan ketentuan sebagai berikut :

1.  Pengajuan refund dilakukan paling lama 7 hari setelah pembayaran. Pembelajar tidak bisa mengajukan refund mulai di hari ke-8 setelah pembayaran.

2.    Maksimal progress pelatihan 25%, bila pembelajar telah mengakses materi pelatihan lebih dari 25%, pembelajar tidak bisa melakukan refund

3.  Kelas yang pembelajar bayarkan ditutup atau tidak dapat diakses paling lama 24 jam karena kesalahan idebiz.id dan setelah pembelajar melakukan complain.

4.  Fungsi dan fitur-fitur dalam pelatihan yang pembelajar bayarkan tidak berfungsi paling lama 2 jam karena kesalahan di pihak idebiz.id dan setelah pembelajar melakukan complain.

5.    Materi pengajaran dalam pelatihan tidak sesuai dengan kurikulum kelas yang ditunjukkan pada halaman home pelatihan.

6.    Narasumber/ mentor melakukan tindakan melanggar hokum dan ketentuan konten lewat materi pengajaran dan interaksi.