Kemampuan Yang harus dimiliki seorang Tour Leader  

Kemampuan Yang harus dimiliki seorang Tour Leader  

Kemampuan Yang harus dimiliki seorang Tour Leader  

Dalam melakukan perjalanan wisata, salah satu diantara komponen jasa dan fasilitas yang dibutuhkan wisatawan adalah Tour Leader. Berbagai komponen yang dimaksud harus merupakan satu kesatuan yang tidak boleh ada yang melemah satu diantaranya, karena akan mengakibatkan melemahnya pengaturan pelaksanaan perjalanan wisata. Terutama hadirnya Tour Leader, ia terlibat dalam kegiatan tour untuk membuat para wisatawan merasa puas atas apa yang telah mereka bayar. Dalam menjalankan tugasnya seorang Tour Leader harus dibekali dengan kemampuan dan kepribadian yang dapat menunjang pekerjaan dan tanggung jawabnya sebagai Tour Leader.

Biro perjalanan wisata, agen perjalanan, tour operator dan lainlain ini sebuah perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa pariwisata, perusahaan tersebut juga mengelola, memesan, merencanakan, membuat, dan menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata baik untuk kepentingan bisnis, berlibur, sosial, budaya, dan sebagainya. Maka dari itu sebuah perusahaan biro perjalanan wisata memerlukan seorang tour leader untuk mengatur semua kegiatan tour. Setiap wisatawan berpendapat bahwa yang telah mengunjungi tempat-tempat wisata diluar negaranya dengan sendirinya melebihi wisatawan yang belum mengunjungi tempat tersebut.

Tugas Sebagai Tour Leader:

  • Mengkoordinasi akomodasi,  dan transportasi untuk perjalanan rombongan.
  • Memiliki pengetahuan rinci tentang hotel, tempat wisata, restoran, transportasi, suvenir, dan harga di daerah atau negara yang ingin dikunjungi
  • Berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai keselamatan, pemulihan bencana, dan prosedur evakuasi
  • Berkoordinasi dengan pihak travel untuk memastikan kelancaran operasional tur, seperti supir bus dan lainnya.
  • Memiliki sumber informasi dan kontak bantuan di lokasi wisata.
  • Memberitahu wisatawan tentang restoran yang sesuai  dan persyaratan transportasi tambahan. 
  • Memantau keselamatan dan keamanan anggota dalam kelompok wisata.
  • Memberikan informasi tentang pengaturan logistik.
  • Memberikan informasi tentang tujuan wisata.
  • Berikan briefing tur kepada rombongan wisatawan.
  • Menanggapi keadaan darurat dan situasi tak terduga selama tur.
  • Menanggapi keluhan kelompok wisata.
  • Memastikan kesepakatan antara agen tur dan rombongan tur.
  • Memberikan umpan balik kepada perusahaan tur tentang pemilihan dan kinerja vendor, dan manajemen rencana perjalanan.

Sekarang IDEBIZ membuka Pelatihan Marketing Comunication Specialist khususnya memiliki standar kemampuan sesuai bidangnya dalam mengolah manajemen pengolahan Tata Kelola Destinasi Wisata Alam.WhatsApp  : +62 851-6102-9533 // +62 81215017975 
Instagram  : @idebiz.id
Temukan penawaran menarik lainnya di platform kami idebiz.id

Tinggalkan Balasan