Kewajiban Dalam Layanan Pelanggan

Kewajiban Dalam Layanan Pelanggan

IDEBIZ.ID – Apa saja kewajiban dalam layanan pelanggan? Seorang pelayan pelanggan atau customer service sering dianggap sebagai suatu pekerjaan yang sepele. Padahal tugas tersebut merupakan bagian yang memegang peran penting pada proses pertahanan perusahaan. Alasannya karena customer service yang secara langsung berhubungan dengan pelanggan. Pada dasarnya, seorang customer service  mempunyai banyak peran dan fungsi di dalam suatu perusahaan.

 

Lalu apa saja kewajiban dalam layanan pelanggan?
1. Menyalurkan Informasi

Pertama, tugas customer service adalah sebagai pusat informasi lengkap mengenai produk atau layanan yang dimiliki perusahaan. Informasi tersebut harus bisa tersalurkan dengan baik ke seluruh pihak yang membutuhkan, mulai dari konsumen, calon konsumen, dan bahkan non-konsumen.

 

2. Sumber Jawaban Konsumen

Tugas customer service selanjutnya adalah sebagai tempat konsumen bertanya dan mencari jawaban. Seorang customer service harus siap menjawab segala pertanyaan dari pelanggan. Itulah sebabnya, karyawan di posisi ini harus memiliki pemahaman lengkap dan solid mengenai hal-hal seputar produk atau jasa yang ditawarkan.

 

3. Menyelesaikan Masalah Pelanggan

Selama melakukan proses transaksi atau setelah membeli produk dan jasa, konsumen bisa saja mengalami sejumlah kendala yang tidak menyenangkan. Tugas customer service adalah hadir dan membantu konsumen dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Pastikan bahwa kamu memiliki solusi yang tepat untuk setiap kendala mereka. Sebagai catatan, prosesnya tentu akan menguji kesabaran karena sifat konsumen berbeda-beda.

 

4. Menjaga Reputasi Bisnis

Menjaga reputasi bisnis menjadi salah satu tugas yang secara tidak langsung dilakukan oleh customer service. Sebab, cara customer service dalam memberikan pelayanan kepada konsumen akan dinilai dan menentukan baik buruknya citra perusahaan di mata publik.

 

5. Mengelola Admin

Terakhir, tugas customer service adalah mengelola segala keperluan administrasi yang berkaitan dengan konsumen. Selama memberikan pelayanan, seorang customer service akan membutuhkan sejumlah data konsumen untuk berbagai keperluan.

Bagi kalian para pelaku wisata yang ingin belajar dalam meningkatkan skill pada bidang pariwisata dan perhotelan, idebiz.id menyediakan berbagai jenis pelatihannya dan kami juga telah bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia lho! Dengan materi yang menarik serta trainer berpengalaman, yuk buruan ikuti pelatihannya sekarang juga!

Baca juga : …Perbedaan Customer, Consumer, dan Client

 

Contact Us
WhatsApp : 085161029533 (Admin 1) / 081215017975 (Admin 2)
Telpon : 0274 543 761
Instagram : @idebiz_id
Email : [email protected]

 

 

Tinggalkan Balasan