Pelatihan dan Sertifikasi Travel Consultant

Pelatihan dan Sertifikasi Travel Consultant

Pelatihan dan Sertifikasi Travel Consultant

IDEBIZ.ID– Perkembangan bisnis tour and travel di Indonesia semakin meningkat, seiring dengan perkembangan dunia pariwisata diseluruh negara. Banyak sekali masyarakat yang menggunakan jasa dari tour and travel untuk membantu menangani perjalanan liburan. Profesi Travel Consultan bertugas sebagai konsultan di bidang perjalanan. Sebagai seorang travelĀ  akan menyusun rencana perjalanan klien sesuai dengan budget yang dimiliki. Mulai dari rute perjalanan, transportasi yang digunakan, akomodasi selama berada di kota atau negara tujuan hingga destinasi wisata mana saja yang harus dikunjungi. Seorang travel consultant juga harus memberikan informasi lengkap mengenai harga paket perjalanan, kelebihan dan kekurangan dari masing-masing paket perjalanan juga menginformasikan konsumen mengenai perubahan-perubahan seperti pembatalan penerbangan, mengurus pengembalian dana hingga menangani komplain. Sebagai orang yang ditunjuk sekaligus dipercaya mengatur sebuah perjalanan pribadi (perorangan) atau grup. Pekerjaan yang satu ini akan menuntut mu untuk bertemu dan berbicara dengan banyak orang serta Update terhadap perkembangan di industri travel, edufriends.

            Bekerja sebagai travel consultant, bertugas dan bertanggung jawab sebagai konsultan di bidang perjalanan. Dalam pekerjaannya, travel consultant bekerja menyusun perencanaan perjalanan klien sesuai budget yang dimiliki, mulai dari rute perjalanan, akomodasi yang digunakan hingga destinasi wisata yang akan dikunjungi Travel konsultan juga bertugas memberikan berbagai informasi tentang paket perjalanan paket wisata atau sering juga disebut paket tour yang disediakan tour and travel tempat mereka bekerja. Kelebihan dan kurangan dari masing-masingp roduk perjalanan yang ditawarkan juga harus diinformasi secara jujur dengan klien.

            Seorang travel konsultan juga dintuntut untuk dapat memahami berbagai tipe/jenis perjalanan,seperti perjalanan bisnis, bulan madu, adventure,wisata religi, study tour dan lain-lain. Hal ini sangat penting, bergantung banyaknya tipe perjalanan yang ditawarkan oleh masing-masing.

            Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Travel Consultant adalah sebagai berikut:

  • Menginformasikan tentang wisata lokal dan internasional, akomodasi, rute perjalanan, kebudayaan setempat, tarif dan peraturan perjalanan wisata.
  • Diskusikan dengan baik mengenai kebutuhan klien dan berikan nasihat mengenai pilihan yang paling cocok.
  • Buat itinerary perjalanan, akomodasi juga kebutuhan lain selama di perjalanan.
  • Menginformasikan mengenai voucher, tiket, asuransi, paspor, visa, mata uang dan kesehatan.
  • Catat semua biaya perjalanan wisata.
  • Bantu adanya perubahan pengaturan perjalanan wisata dan pesanan lain bila diperlukan.
  • Lengkapi informasi wisatawan, berikan advice dan sediakan tiket perjalanan.
  • Berikan informasi bagi klien, bantu proses reservasi, sediakan transportasi, atur perencanaan, jual dan pesan tiket tanda masuk.
  • Hitung biaya perjalanan secara mendetail dan akomodasi.
  • Kumpulkan pembayaran untuk urusan transportasi dan akomodasi dari klien.
  • Agtur pemesanan transportasi dan hotel tempat menginap.
  • Menjalin kerjasama dengan pihak hotel atau tempat wisata.

Profesi travel konsultan memberikan peluang yangs angat besar bagi Anda yang suka traveling. Tidak jarang klien yang sudah puas dengan pelayanan Anda, akan selalu meminta Anda untuk melayani berbagai trip dan destinasi yang mereka inginkan. SekarangĀ  IDEBIZ membuka Pelatihan dan Sertifikasi Travel Consultant memiliki standart kemampuan.

Sekarang IDEBIZ membuka Pelatihan Marketing Comunication Specialist khususnya memiliki standar kemampuan sesuai bidangnya dalam mengolah manajemen pengolahan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata Alam.

WhatsApp  : +62 851-6102-9533 // +62 81215017975 
Instagram  : @idebiz.id
Temukan penawaran menarik lainnya di platform kami idebiz.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.