Pelatihan  Kepemanduan Ekowisata

IDEBIZ.ID   Indonesia memiliki potensi sumber daya alam, peninggalan sejarah, seni dan budaya yang sangat besar sebagai daya tarik wisata, potensi tersebut merupakan keunggulan tersendiri untuk menarik wisatawan domestik dan mancanegara, sekaligus merupakan kekuatan untuk bersaing dengan negara-negara lain.

Ekowisata dinilai cocok untuk dikembangkan di Indonesia, dengan beberapa alasan yang melandasinya diantaranya Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati dan ekowisata. ekowisata adalah suatu bentuk wisata yang bertanggungjawab terhadap kelestarian area yang masih alami (natural area), memberi manfaat secara ekonomi dan mempertahankan keutuhan budava bagi masyarakat setempat. Atas dasar pengertian ini, bentuk ekowisata pada dasarnya merupakan bentuk gerakan konservasi.

Salah satu stakeholder dalam pengembangan ekowisata di Indonesia adalah pemandu ekowisata (ecotourism guide). Pemandu ekowisata adalah orang yang memimpin grup wisatawan, membuat mereka mengerti mengenai budaya dan sejarah alam dari lingkungan. Pemandu ekowisata melakukan wisata yang menumbuhkan apresiasi terhadap lingkungan alam dan budaya dan mendorong praktek-praktek yang berkontribusi untuk mempertahankan ekologi lingkungan.

Keberhasilan ekowisataa tergantung pada beberapa hal, yang dapat dibagi menjadi tiga faktor utama yaitu faktor struktural, eksternal dan internal. faktor yang berhubungan dengan kelembagaan, kebijakan dan regulasi pengelolaan kawasan ekowisata (tingkat lokal, daerah, nasional dan internasional). faktor eksternal merupakan faktor kunci yang berasal dari luar lokasi ekowisata tersebut, seperti kesadaran wisatawan akan kelestarian lingkungan, kegiatan penelitian/pendidikan di wilayah ekowisata untuk kepentingan kelestarian lingkungan dan masyarakat lokal. Sedangkan Faktor internal dapat diklasifikasikan seperti potensi daerah untuk pengembangan ekowisata, pengetahuan pemandu ekowisata tentang pelestarian lingkungan dan partisipasi penduduk lokal.   

Sekarang IDEBIZ.ID membuka pelatihan kepemanduan Ekowisata  , pelatihan tersebut bisa diikuti yang mempunyai potensi wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *