Pelatihan  Logistik Acara

IDEBIZ.ID Dalam suatu event, kebutuhan logistik menjadi fakor sangat penting untuk suksesnya suatu acara. Pelayanan logistik ini harus mencakup manajemen logistik dan supply chain management yang kompeten. Keterkaitan logistik dengan supply chain management tidak langsung terkontrol dari kegiatan logistik. Penyelenggara event yang menjalankan just in time sangat besar ketergantungannya pada kelancaran bahan baku dan berusaha meminimalkan persediaan dengan jalan membangun hubungan baik dengan para supplier-nya.

Venue dalam sebuah event memiliki kebutuhan logistik dengan berbagai macam ketentuan sesuai dengan event yang akan diselenggarakan, mekanisme pelaksanaan management logistik akan mempengaruhi keseluruhan kualitas dan kuantitas venue terutama dalam pemilihan material dan sumber daya manusia yang  mengerjakannya Penentuan manajemen logistik pada venue memiliki beberapa bidang, logistik panggung, sound, lighting, kemanan, alur pengunjung, gerbang utama, logistik media partner, ruangan artis, tempat keamanan, kesehatan, sampai parkir. Bagian – bagian itulah yang diperhatikan dalam venue.

Manajemen adalah seni memperoleh hasil melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh orang lain, sedangkan logistik adalah bahan yang digunakan untuk kegiatan operasional. Manajemen logistik adalah suatu ilmu pengetahuan dan atau seni serta proses mengenai perencanaan dan penentuan kebutuhan pengadaan, penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan serta penghapusan material/alat-alat, sehingga manajemen logistik mampu menjawab tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan dengan ketersediaan bahan logistik setiap saat bila dibutuhkan dan dipergunakan secara efisien dan efektif

Pengadaan logistik meliputi semua barang-barang suatu organisasi dan itu mencakup barang- barang bergerak terdiri dari barang –barang habis pakai dan barang –barang tidak habis pakai. Barang habis pakai misalnya kertas, tinta dan lain-lain, sedankan barang tidak habis pakai bergerak meliputi tanah dan gedung. Pengadaan tanah Pengadaan bangunan  Pengadaan Perabot  Pengadaan Kendaraan  Pengadaan Alat-alat Kantor  Pengadaan buku  Pengadaan barang melalui bantuan. Sistem Pengadaan Logistik  Perspektif yang tepat untuk memulai meninjau kegiatan logistik adalah dengan mendapatkan pengertian tentang kekuatan-kekuatan intern dan ekstern yang mempengaruhi disain dari sistem logistik suatu perusahaan. Sebagaimna halnya operasi dan koordinasi logistik itu harus terpadu, maka keempat bidang sistem operating sistem ini pun harus pula berfungsi sebagai suatu totalitas. Kekuatan-kekuatan luar dari perusahaan adalah kekuatan bisnis lingkungannya yang membatasi fleksibilitas disain perusahaan itu.

Sekarang IDEBIZ.ID membuka program Pelatihan Logistik Acara   . Pelatihan tersebut bias diikuti  tetapi masyarakat umum yang ingin mengembangkan potensinya di bidang logistic acara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *