Pelatihan Pelayanan Pelanggan

IDEBIZ.ID Pengertian pelayanan pelanggan adalah bentuk pemberian layanan atau servis yang diberikan kepada pelanggan atau konsumen. Persaingan yang semakin ketat sekarang ini, dimana semakin banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi kepada pemenuhan kepuasan pelanggan sebagai tugas utama. Pelayanan kepada pelanggan merupakan salah satu unsur terpenting dalam komunikasi pemasaran. Pelayanan kepada pelanggan bertujuan memelihara dan meningkatkan hubungan psikologis antara produsen dan pelanggan serta memantau barbagai keluhan pelanggan.

Pelayanan mengandung pengertian terdapatnya dua unsur atau kelompok orang yang masing-masing membutuhkan karena itu peranan dan fungsi yang melekat pada masing-masing unsur tersebut berbeda. Pelayanan terimplisit pengertian didalamnya dan berbagai faktor yang menentukan, yaitu faktor manusia yang melayani, alat atau fasilitas yang digunakan untuk memberikan pelayanan, mekanisme kerja yang digunakan dan bahkan sikap masing-masing orang yang member pelayanan dan yang dilayani. Pelayanan dapat di defenisikan sebagai segala bentuk aktivitas yang diberikan oleh suatu pihak yang lain atau pelanggan dengan tujuan dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan yang bersangkutan atas barang dan jasa yang diberikan

Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang menentukan kepuasan pelanggan. Ada dua faktor yang utama yang mempengaruhi kualitas pelayanan, yaitu expected servis dan perceived. Apabila pelayanan
yang diterima atau dirasakan sesuai dengan yang diharapakan, maka kualitas pelayanan dipersepsikan baik dan memuaskan. Jika pelayanan yang diterima melebihi harapan pelanggan, maka kualitas pelayanan dipersepsikan sebagai kualitas pelayanan yang ideal.

Kepuasan pelanggan adalah hal penting yang harus diutamakan. Dikarenakan oleh lingkungan bisnis yang sangat kompetitif, maka dari itu pelayanan pelanggan mempunyai peran penting disetiap organisasi. Setiap organisasi pasti ingin mendapatkan kepercayaan dan membuat pelanggan puas atas apa yang ditawarkan sehingga di kemudian hari pelanggan akan terus datang kembali. Pelayanan pelanggan yang baik dan handal akan berdampak terhadap kesejahteraan organisasi, karena saat kebutuhan pelanggan terpenuhi maka mereka akan merasa nyaman dan berdampak positif terhadap organisasi. Pelayanan pelanggan juga membantu organisasi untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan keuntungan secara internal maupun eksternal.

Sekarang IDEBIZ.ID membuka program Pelatihan pelayanan pelanggan . Pelatihan tersebut bias diikuti  tetapi masyarakat umum yang ingin mengembangkan potensinya di bidang pelayanan pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *