Pelatihan Pramuwisata Dalam Wisata Religi/ Rohani

IDEBIZ Wisata yang ada di Indonesia sangat beragam sekali. Biasanya wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat adalah ketika liburan tiba seperti pemandangan alam, pantai, taman rekreasi, kebun binatang, dan lainlain. Bagi masyarakat atau wisatawan tidak semuanya menyempatkan dirinya untuk berkunjung pada wisata religi, hanya orang-orang tertentu saja yang dengan kesanggupan dirinya untuk mendatanginya.

            Ziarah merupakan suatu kebudayaan yang bagi sebagian masyarakat adalah sesuatu yang dijunjung tinggi karena mempunyai nilai makna tersendiri bagi para pelaku.Awalnya tindakan ziarah hanya dilakukan
pada tindakan untuk mengunjungi terhadap sanak saudara, keluarga, kerabat, dan lain-lain yang sudah lebih dahulu meninggalkan kita didunia, hingga berkembang menjadi ziarah pada wali, kyai, atau orang yang dianggap hebat dalam masyarakat.Ziarah pada wali atau kyai tersebut banyak ditemukan pada
kawasan wisata pilgrim yang sangat ramai dikunjungi oleh para pengunjung atau wisatawan

Pramuwisata memiliki tugas yang harus diemban dengan penuh tanggung jawab dan keihklasan. Tugas dan tanggung jawa pramuwisata menurut Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi NO : KM.82/PW.102/MPPT-88 tanggal 17 September 1988 adalah sebagai berikut :

  1. Mengantar wisatawan, baik rombongan maupun perorangan yang mengadakan perjalanan dengan transportasi yang tersedia.
  2. Memberikan penjelasan tentang rencana perjalanan danobjek wisata serta memberikan penjelasan mengenai dokumen perjalanan, akomodasi, transportasi dan fasilitas wisata lainnya.
  3. Memberikan petunjuk tentang objek wisata.
  4. Membantu pengurusan barang bawaan wisatawan.
  5. Memberikan pertolongan kepada wisatawan yang sakit, mendapat kecelakaan, kehilangan atau musibah lainnya.

Dalam melaksanakan sebuah pemanduan wisata, seorang pramuwisata harus mengetahui Sistem Teknik Pemanduan yang terdiri dari 3 (tiga) sub sistem dengan penjelasan sebagai berikut :

  1.  Sub Sistem Wisatawan

Tugas utama seorang pramuwisata adalah melayani wisatawan selama perjalanan wisata   karena yang dilayani adalah manusia, maka akan dirasakan kesukaran dalam menentukan sejauh mana pelayanan kepada tamu .

  • Sub Sistem Komunikasi

Sub sistem ini menentukan ketrampilan seorang pramuwisata dalam berkomunikasi dengan wisatawan, penguasaan ketrampilan akan nampak sekali dan merupakan performansi yang mudah diamati.

  • Sub Sistem Pelayanan dan Kepemimpinan

Peranan pramuwisata yang paling berat adalah harus mampu berperan ganda yaitu sebagai pemimpin yang dapat menjadi panutan wisatawan selama perjalanan dan di sisi lain menjadi pelayan yang selama perjalanan sampai di tujuan.

Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah menjadi Pramuwisata  yang mampu untuk merencanakan dan memandu  perjalanan. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang ingin memulai karier sebagai Pramuwisata  atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier sebagai Pramuwisata .

Sekarang  IDEBIZ membuka program Pelatihan Pramuwisata  khususnya memiliki standar kemampuan sesuai bidangnya dan Pelatihan Pramuwisata .

Tinggalkan Balasan