Pelatihan Pramuwisata

IDEBIZ Pelatihan Pramuwisata – Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan dalam meningkatkan pendapatan daerah maupun negara. Sektor pariwisata juga memiliki peranan yang penting dalam penyerapan tenaga kerja, hal ini dinyatakan dalan Undang – Undang Kepariwisataan No. 9 tahun 1990 butir b (1990 : 1) bahwa : kepariwisataan mempunyai peranan penting untuk memperluas dan memeratakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja,mendorong pembangunan daerah, memperbesar pendapatan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta memupuk rasa cinta tanah air, memperkaya kebudayaan nasional dan memantapkan pembinaanya dalam rangka memperkukuh jatidiri bangsa dan mempererat persahabatan antar bangsa

            Pengertian pramuwisata menurut Keputusan Mentri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi NO : KM.82/PW.102/MPPT-88 tanggal 17 September 1988, yang dimaksud dengan pramuwisata adalah seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penerangan dan petunjuk tentang objek wisata serta membantu segala sesuatu yang diperlukan wisatawan.

Pramuwisata memiliki tugas yang harus diemban dengan penuh tanggung jawab dan keihklasan. Tugas dan tanggung jawa pramuwisata menurut Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi NO : KM.82/PW.102/MPPT-88 tanggal 17 September 1988 adalah sebagai berikut :

  1. Mengantar wisatawan, baik rombongan maupun perorangan yang mengadakan perjalanan dengan transportasi yang tersedia.
  2. Memberikan penjelasan tentang rencana perjalanan danobjek wisata serta memberikan penjelasan mengenai dokumen perjalanan, akomodasi, transportasi dan fasilitas wisata lainnya.
  3. Memberikan petunjuk tentang objek wisata.
  4. Membantu pengurusan barang bawaan wisatawan.
  5. Memberikan pertolongan kepada wisatawan yang sakit, mendapat kecelakaan, kehilangan atau musibah lainnya.

Dalam melaksanakan sebuah pemanduan wisata, seorang pramuwisata harus mengetahui Sistem Teknik Pemanduan yang terdiri dari 3 (tiga) sub sistem dengan penjelasan sebagai berikut :

  1.  Sub Sistem Wisatawan

Tugas utama seorang pramuwisata adalah melayani wisatawan selama perjalanan wisata   karena yang dilayani adalah manusia, maka akan dirasakan kesukaran dalam menentukan sejauh mana pelayanan kepada tamu .

  • Sub Sistem Komunikasi

Sub sistem ini menentukan ketrampilan seorang pramuwisata dalam berkomunikasi dengan wisatawan, penguasaan ketrampilan akan nampak sekali dan merupakan performansi yang mudah diamati.

  • Sub Sistem Pelayanan dan Kepemimpinan

Peranan pramuwisata yang paling berat adalah harus mampu berperan ganda yaitu sebagai pemimpin yang dapat menjadi panutan wisatawan selama perjalanan dan di sisi lain menjadi pelayan yang selama perjalanan sampai di tujuan.

Program ini bertujuan untuk mempelajari langkah-langkah menjadi Pramuwisata  yang mampu untuk merencanakan dan memandu  perjalanan. Pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan dari program ini bisa bermanfaat untuk memberikan kompetensi bagi yang ingin memulai karier sebagai Pramuwisata  atau meningkatkan kinerja bagi yang sudah berkarier sebagai Pramuwisata . Sekarang  IDEBIZ membuka program Pelatihan Pramuwisata  khususnya memiliki standar kemampuan sesuai bidangnya dan memastikan sertifikasi Pelatihan Pramuwisata .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.