Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP)

Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP)

IDEBIZ.ID – Apa pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP)? Standar Operasional Prosedur atau biasa disebut SOP merupakan suatu sistem yang dibuat untuk menertibkan, merapikan, dan memudahkan suatu pekerjaan untuk memastikan kegiatan operasional berjalan dengan lancar. Setiap perusahaan tentu membutuhkan sebuah panduan untuk menjalankan setiap tugas dan fungsi perusahaan. SOP ini berisi mengenai urutan proses melakukan pekerjaan dari awal hingga akhir.

Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP)

Aturan ini dapat dijadikan sebagai sebuah pedoman dalam bekerja sesuai dengan tata kerja, prosedur dan sistem kerja di perusahaan. Selain itu, SOP juga dapat dijadikan sebagai acuan bekerja sesuai dengan sistem penilaian kinerja karyawan. Tanpa adanya SOP, maka seluruh bagian perusahaan akan berjalan tidak efektif. Perusahaan juga akan berjalan dengan pedoman yang tidak jelas dan baku sehingga keevektifan kerja menjadi menurun.

SOP yang terstandarisasi menjadi sebuah aspek penting dari setiap sistem kualitas yang akan melahirkan sebuah kemampuan untuk bekerja secara selaras dan sesuai standar yang sudah ada. SOP yang dirancang secara benar akan menentukanmu dan timmu bekerja dalam proses formal dan terkoordinasi, ini tidak hanya mampu menaikkan produktivitas namun juga mengurangi risiko kesalahan.

Bagi kalian para pelaku wisata yang ingin belajar dalam meningkatkan skill pada bidang pariwisata dan perhotelan, idebiz.id menyediakan berbagai jenis pelatihannya dan kami juga telah bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia lho! Dengan materi yang menarik serta trainer berpengalaman, yuk buruan ikuti pelatihannya sekarang juga!

Baca juga : …Tugas Waiter di Restoran/Cafe

Contact Us
WhatsApp : 085161029533 (Admin 1) / 081215017975 (Admin 2)
Telpon : 0274 543 761
Instagram : @idebiz_id
Email : [email protected]

Tinggalkan Balasan