Skil yang harus dimiliki oleh Tour Leader

1. Management

Management dalam hal ini cukup kompleks karena kamu bertanggung jawab dengan kelancaran jalannya tur hingga dengan mengelola keperluan para anggota rombongan. Untuk dapat menjalankan semua hal tersebut, kamu harus memiliki disiplin yang tinggi dan kemampuan mengelola anggota tur dengan baik. Salah satu contoh yaitu dalam manajemen waktu, kamu harus dapat mengatur waktu rombongan secara baik pada saat melakukan wisata di tempat-tempat tertentu, seperti museum, taman nasional, dan tempat-tempat lain memiliki jam kunjungan terbatas. 

2. Komunikasi

Ini adalah kemampuan utama yang harus dimiliki oleh semua tour leader. Karena hampir semua teknis pekerjaan seorang tour leader berhubungan dengan komunikasi. Mulai dengan vendor perjalanan hingga dengan anggota rombongan. Misalnya saja dalam merespon keluhan rombongan terkait agenda wisata yang akan dilakukan. Sebagai seorang tour leader, cara dan kejelasan pesan yang disampaikan akan mempengaruhi mood rombongan tersebut. Sehingga ketika tour leader tidak dapat menjelaskan sesuatu secara baik, bukan hal yang mustahil perjalanan wisata yang sedang berlangsung bisa menjadi kurang menyenangkan baik bagi wisatawan ataupun Si tour leader itu sendiri.

3. Public speaking

Sejalan dengan kemampuan komunikasi, seorang tour leader juga harus dapat berbicara di depan orang banyak secara baik. Karena nantinya ada beberapa kondisi yang menuntut seorang tour leader harus menjelaskan beberapa hal penting kepada rombongan wisatawan. Selain itu, keberanian dan kelancaran berbicara juga menjadi faktor utama dalam hal tersebut, seperti mempresentasikan rencana wisata ataupun dalam upaya mencairkan suasana antara anggota rombongan.

4. Multibahasa

Yang satu ini, pasti kamu sudah mengetahuinya. Bahkan kemampuan multibahasa menjadi hal yang harus dimiliki oleh seorang tour leader terutama untuk tur keluar negeri. Karena akan banyak interaksi yang dilakukan dengan orang-orang yang memiliki bahasa berbeda. Contohnya pada saat memesan kamar hotel untuk anggota rombongan, tour leader tentunya akan menggunakan bahasa yang sesuai dengan lokasi dari hotel tersebut. 

5. Kecerdasan emosional (EQ)

Kecerdasan emosional dalam hal ini bukan hanya sekedar mengelola emosi dari diri sendiri. Namun, hal yang paling penting adalah bagaimana kamu dapat berempati dengan para tamu. Terkadang di beberapa situasi, para tamu bisa saja mengeluhkan beberapa hal, seperti tidak enak badan atau memiliki kondisi mental tertentu seperti masalah kecemasan. Sehingga semua respon yang dalam menyikapi hal tersebut harus dapat dilakukan secara baik dan tepat.  Misalnya saja menjadi pendengar yang baik, merespon permintaan mereka dengan bahasa yang sopan, dan masih banyak lagi.

Sekarang IDEBIZ membuka Pelatihan Marketing Comunication Specialist khususnya memiliki standar kemampuan sesuai bidangnya dalam mengolah manajemen pengolahan Tata Kelola Destinasi Wisata Alam.

WhatsApp  : +62 851-6102-9533 // +62 81215017975 
Instagram  : @idebiz.id
Temukan penawaran menarik lainnya di platform kami idebiz.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.