Tata Kelola Destinasi Wisata Budaya

Tata Kelola Destinasi Wisata Budaya

Tata Kelola Destinasi Wisata Budaya

IDEBIZ.ID Pariwisata adalah keseluruhan rangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pergerakan manusia yang melakukan perjalanan atau persinggahan sementara dari tempat tinggalnya, kesuatu atau beberapa tempat tujuan di luar lingkungan tempat tinggalnya. Indonesia memiliki potensi yang besar dari sektor pariwisata yang dapat digunakan untuk menunjang pemasukan bagi devisa negara. Devisa negara sendiri dapat dihasilkan dari masuknya pendapatan daerah,yang diantaranya adalah dengan mengembangkan potensi obyek wisata yang ada di tiap-tiap daerah .

Trend pariwisata mengalami perubahan, dari yang sebelumnya yaitu pariwisatakonvensional berubah menjadi pariwisata minat khusus. Pada pariwisata minat khususwisatawan cenderung lebih nenghargai lingkungan, alam, budaya dan atraksi secara spesial.Salah satu pariwisata minat khusus adalah pariwisata budaya yaitu kegiatan berwisata yangmemanfaatkan perkembangan potensi hasil budaya manusia sebagai obyek daya tariknya. Jeniswisata ini dapat memberikan manfaat dalam bidang sosial budaya karena dapat membantumelestarikan warisan budaya sebagai jati diri masyarakat lokal yang memiliki kebudayaantersebut. Dewasa ini, pariwisata budaya berkembang dengan cepat karena adanya tren baru dikalangan wisatawan yaitu kecenderungan untuk mencari sesuatu yang unik.

Wisata Budaya adalah gerak atau kegiatan wisata yang  objek-objek wisata berwujud hasil-hasil seni budaya setempat, seperti adat istiadat, upacar-upacara, agama,tata hidup masyarakat setempat, peninggalan-peninggalan sejarah, hasil-hasil
Kunjungan orang dari luar destinasi yang didorong oleh ketertarikan pada objek – objek
atau peninggalan sejarah, seni, ilmu pengetahuan dan gaya hidup yang dimiliki oleh
kelompok, masyarakat, daerah ataupun lembaga. Jenis pariwisata ini ditandai oleh adanya
rangkaian motivasi, seperti keinginan untuk belajar pusat – pusat penganjarann dan riset,
untuk mempelajari adat istiadat, kelembagaan, cara hidup rakyat negara lain untuk
mengunjungi monument bersejarah, peninggalan peradaban masa lalu sebaliknya
penemuan – penemuan besar masa kini, pusat–pusat kesenian, keagamaan, atau ikut serta
dalam festival budaya (seperti teater, tarian rakyat, dan lain-lain).

Wisatawan dewasa ini. Kunjungan ke objek wisata budaya selain disebabkan oleh adanya rasa ingin tahu dan penasaran, sekaligus juga untuk menemukan nilai etika dan estetika dari tempatdan budaya lain yang berbeda dengan seorang/kelompok wisatawan tersebut. Disampingkelengkapan sarana dan daya dukung lain yang dapat menarik wisatawan, kemampuan administrasi yang baik dan pelayanan yang memadai dapat menjadi tolak ukur kemajuan sektor atau objek wisata budaya tersebut. Kemampuan pengelolaan administrasi yang dimaksud dalam hal ini lebih mengarah pada kemampuan menejmen pengelola pariwisata tersebut baik untuk  semua objek inti dan pelengkap dari wisata budaya tersebut, sekaligus.

Sekarang IDEBIZ membuka Pelatihan Marketing Comunication Specialist khususnya memiliki standar kemampuan sesuai bidangnya dalam mengolah manajemen pengolahan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata Alam.

WhatsApp  : +62 851-6102-9533 // +62 81215017975 
Instagram  : @idebiz.id
Temukan penawaran menarik lainnya di platform kami idebiz.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.