Pelatihan Marketing Communication Specialist dalam Bidang MICE

IDEBIZ.ID Marketing Communication Specialist adalah salah satu profesi pekerjaan yang mengacu pada strategi pemasaran dalam kepentingan mencapai target pasar. Dalam melakukan pemasaran untuk mencapai target, seorang Marketing Communication harus mempunyai strategi yang beraneka ragam. Mulai dari melakukan iklan di media sosial maupun pemasaran langsung, branding, presentasi dan lainnya. Marketing Communication Specialist harus mampu menemukan media yang sesuai dengan target pasar.

 Istilah marketing communication alias komunikasi pemasaran sudah sering didengar saat ini. Istilah ini mengacu pada strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai target pasar mereka melalui berbagai jenis medium. Bisa meliputi iklan, pemasaran langsung, dan branding.

Namun, tugas marketing communication tak sesimpel itu. Istilah ini memiliki makna yang jauh lebih luas dan pada akhirnya membuat konsep marketing communication menjadi penting diupayakan oleh perusahaan dalam hal yang sama .

Tenaga yang bersertifikat ini sangat penting apalagi jika Anda ingin terjun pada event MICE pemerintah. Biasanya syarat dalam procurement yang diadakan pemerintah adalah memiliki tenaga ahli yang dibuktikan dengan sertifikat profesi. Oleh karena itu penting bagi pemilik usaha untuk memiliki SDM yang memiliki sertifikat profesi.Pekerjaan di industri MICE saat ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi profesi.

Berikut dasar-dasar yang harus dimiliki oleh SDM MICE adalah:
1. Memiliki kemampuan berbahas asing
Memiliki kemampuan bahasa asing menjadi syarat wajib bagi SDM di industri ini. Kemampuan ini nantinya diperlukan untuk membuat proposal, presentasi pada penyelenggara, hingga komunikasi dengan stakeholder.
2. Memahami destination branding
Destination Brand adalah jati diri atau identitas yang membuat destinasi dapat diidentifikasi secara berbeda dengan destinasi yang lain, dan agar target pelanggan mudah mengingatnya. brand dapat diidentifikasi melalui komponen-komponen yang biasa disebut dengan elemen merek (brand elements). Berikut beberapa elemen brand yang dapat dikombinasikan dalam membangun brand destinasi (destination branding)

Hal yang sering dilupakan oleh pemilik usahadalam menjaring SDM-nya adalah tidak memiliki cukup pengetahuan tentang pariwisata. Mereka harus memahami pariwisata terutama di Indonesia. Karena salah satu tujuannya adalah bagaimana Anda sebagai penyelenggara mampu menarik asosiasi atau organisasi tertentu untuk mengadakan event di Indonesia.
3. Memahami e-Procurement
Satu hal yang penting bagi SDM industri MICE adalah memahami proses e-procurement terutama yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Bisa dikatakan rezeki terbesar dari industri MICE adalah melalui pengadaan yang diselenggarakan oleh pemerintah.
4. Memiliki relasi dengan stakeholder

Stakeholder pada industri itu sendiri biasanya adalah pemerintahan, asosiasi, organisasi profesi, supplier, atau pebisnis event lainnya. Memiliki relasi pada sektor-sektor ini akan memiliki banyak manfaat seperti mengetahui kalender event, kapan waktu penyelenggaraan event pada periode tertentu, bahkan Anda bisa mendapatkan penawaran spesial dari supplier.

Sekarang IDEBIZ. ID membuka program Pelatiham manajemen Mice Marcom. Pelatihan tersebut bias diikuti tidak hanya SDM dibidang MICE tetapi masyarakat umum yang ingin mengembangkan potensinya dibidang MICE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *