Pelatihan  Skema Logistik Dalam Acara Event Organizer

IDEBIZ.ID Dalam suatu event, kebutuhan logistik menjadi faktor sangat penting untuk suksesnya suatu acara. Pelayanan logistik ini harus mencakup manajemen logistik dan supply chain management yang kompeten. Keterkaitan logistik dengan supply chain management tidak langsung terkontrol dari kegiatan logistik. Penyelenggara event yang menjalankan just in time sangat besar ketergantungannya pada kelancaran bahan baku dan berusaha meminimalkan persediaan dengan jalan membangun hubungan baik dengan para supplier-nya.

Bicara tentang event organizer yang selanjutnya disebut EO, kita harus mengerti dulu

tentang apa kriteria EO. Istilah ini sekarang memang sangat popular, karene dunia EO di berbagai tempat semakin berkembang. Bahkan, beberapa pihak telah menjadikannya sebagai profesi. Organizer mempunyai ruang lingkup kerja yang luas, sesuai dengan event yang ada dan

perkembangannya. Kebanyakan dari kita masih menganggap bahwa organizer hanya untuk pentas musik saja. Padahal organizer adalah sekelompok orang yang terdiri dari tim pelaksana, tim pekerja , tim produksi dan tim manjemen yang melaksanakan tugas operasional suatu acara atau melakukan pengorganisasian untuk mewujudkan suatu program acara

Venue dalam sebuah event memiliki kebutuhan logistik dengan berbagai macam ketentuan sesuai dengan event yang akan diselenggarakan, mekanisme pelaksanaan management logistik akan mempengaruhi keseluruhan kualitas dan kuantitas venue terutama dalam pemilihan material dan sumber daya manusia yang  mengerjakannya Penentuan manajemen logistik pada venue memiliki beberapa bidang, logistik panggung, sound, lighting, kemanan, alur pengunjung, gerbang utama, logistik media partner, ruangan artis, tempat keamanan, kesehatan, sampai parkir. Bagian – bagian itulah yang diperhatikan dalam venue.

Manajemen Perbekalan/logistik adalah serangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan, pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan dan penghapusan logistik guna mendukungefektivitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi

 Pengadaan logistik meliputi semua barang-barang suatu organisasi dan itu mencakup barang- barang bergerak terdiri dari barang –barang habis pakai dan barang –barang tidak habis pakai. Barang habis pakai misalnya kertas, tinta dan lain-lain, sedankan barang tidak habis pakai bergerak meliputi tanah dan gedung. Pengadaan tanah Pengadaan bangunan  Pengadaan Perabot  Pengadaan Kendaraan  Pengadaan Alat-alat Kantor  Pengadaan buku  Pengadaan barang melalui bantuan. Sistem Pengadaan Logistik  Perspektif yang tepat untuk memulai meninjau kegiatan logistik adalah dengan mendapatkan pengertian tentang kekuatan-kekuatan intern dan ekstern yang mempengaruhi disain dari sistem logistik suatu perusahaan. Sebagaimna halnya operasi dan koordinasi logistik itu harus terpadu, maka keempat bidang sistem operating sistem ini pun harus pula berfungsi sebagai suatu totalitas. Kekuatan-kekuatan luar dari perusahaan adalah kekuatan bisnis lingkungannya yang membatasi fleksibilitas disain perusahaan itu.

Sekarang  IDEBIZ membuka program Pelatihan  Skema Logistik  khususnya  memiliki standar kemampuan sesuai bidangnya dan memastikan sertifikasi dengan skema Pelatihan yamg khusunya bergerak di bidang Event Organizer

Tinggalkan Balasan