Pentingnya Customer Service Bagi Perusahaan

Pentingnya Customer Service Bagi Perusahaan

 

IDEBIZ – Layanan pelanggan adalah salah satu elemen integral dari suatu perusahaan. Peran customer service adalah menjadi penghubung antara konsumen dan perusahaan. Setiap perusahaan harus memiliki layanan pelanggan terintegrasi yang dapat dihubungi pelanggan, keberadaan layanan pelanggan dapat menunjukkan keberadaan perusahaan dalam memberikan layanan  konsumen. 

Bukan hanya produk, peran layanan pelanggan mewakili perusahaan dalam operasi bisnisnya. Oleh karena itu, customer service ini harus mampu mewakili reputasi baik  perusahaan. Adanya pelayanan pelanggan yang baik menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya bergerak di bidang penjualan barang, tetapi juga berusaha untuk memastikan semua kebutuhan dan masalah pelanggannya. Semua bisnis, baik besar maupun kecil, membutuhkan peran layanan pelanggan. 

 

Berikut ini adalah peran dari pelayanan pelanggan yang menjadikan pekerjaan ini begitu penting bagi suatu perusahaan, yaitu:

1. Mendorong Penjualan

Memiliki peran layanan pelanggan dalam perusahaan dapat meningkatkan peluang  penjualan. Saat perwakilan layanan pelanggan menangani panggilan masuk atau pertanyaan  dari pelanggan potensial, mereka dapat secara bersamaan memperkenalkan produk baru. 

2. Membangun Citra Perusahaan

Customer service merupakan salah satu pekerjaan di perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen. Membangun peran customer service yang baik, disiplin, ramah dan tanggap dapat meningkatkan nilai perusahaan di mata konsumen. 

3. Retensi Pelanggan

 Retensi pelanggan berarti memastikan pelanggan menjadi pembeli setia produk Anda. Retensi pelanggan sangat penting bagi usaha kecil dan menengah karena dapat menjaga arus kas perusahaan. 

Mempertahankan pelanggan lama juga lebih mudah dan hemat biaya daripada mencari pelanggan baru. Untuk mencari pelanggan baru, Anda memerlukan iklan dan promosi, yang menghabiskan banyak biaya.

4. Mencatat Data Pelanggan

Peran customer service adalah berhubungan langsung dengan pelanggan. Ini berarti agen layanan pelanggan mungkin memiliki informasi pribadi tentang pelanggan dan dapat menyimpannya dalam catatan perusahaan.  

5. Tenaga Pemasaran

Pada dasarnya, staf pemasaran dan layanan pelanggan adalah pekerjaan yang berbeda. Namun, terkadang perwakilan layanan pelanggan juga berfungsi sebagai tenaga pemasaran.

Nah, itulah hal penting yang perlu kamu ketahui terkaitnya pentingnya kehadiran customer service bagi hampir seluruh perusahaan, jadi apakah kamu tertarik untuk mencoba pekerjaan ini? kalau iya, tentu kamu harus membangunnya dengan profesional. maka dari itu, ayo ikuti pelatihan terlebih dahulu di Idebiz.Id! 

Pelatihan Online IDEBIZ.ID

Idebiz.Id merupakan platform online yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi SDM di Indonesia terutama yang terkait kepariwisataan serta sektor pendukung lainnya.

Mengapa harus belajar di Idebiz.Id? selain metode pembelajaran yang fleksibel dan dapat diakses setiap saat, materi yang dikemas diajarkan secara interaktif dan akan disampaikan langsung oleh narasumber, pakar professional serta orang-orang sukses sesuai bidangnya masing-masing

Keahlian apa saja yang diajarkan di Idebiz.Id? semua jenis keahlian dan keterampilan terutama di bidang industri pariwisata yang bisa dirasakan manfaatnya secara langsung atau mendatang. Mulai dari pelatihan pariwisata, kewirausahaan, peningkatan SDM, dan lain sebagainya. 

Tunggu apalagi? segera daftarkan dirimu di Idebiz.Id dan jadilah calon pekerja professional!

 

Contact Us

WhatsApp : 085161029533 (Admin 1) / 081215017975 (Admin 2)
Telpon : 0274 543 761
Instagram : @idebiz_id
Email : [email protected]

Tinggalkan Balasan