Proposal Event Untuk Pelatihan MARCOM

IDEBIZ.ID Proposal adalah sebuah usulan rencana kegiatan atau rencana yang nanti diterangkan dalam rancangan kerja, proposal juga sangat penting sekali untuk merencanakan sebuah event. Dalam menyusun proposal event harus memiliki ide-ide baru dalam penyelenggaraan event yang baru dibuat untuk pertama kali maupun untuk event yang sudah pernah ada, sehingga pihak-pihak yang akan di ajak untuk kerjasama tertarik untuk menjadi sponsor.

Adapun tujuan dalam pembuatan proposal event ini adalah untuk mendapatkan bantuan dana, mendapatkan dukungan dan mendapatkan perizinan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan proposal event antara lain adalah:

  1. Menetapkan target dan sasaran

Pada bagian ini menjelaskan tentang target peserta dan pengunjung yang akan dilakukan. Target disini dimaksudkan pada jumlah peserta dan pengunjung Jadi jumlah harus dituliskan dalam bentuk angka. Karena di bagian ini juga akan menjadi nilai plus bagi perusahaan dan bersedia menjadi sponsor.

2. Menggambarkan kegiatan yang jelas dan lengkap

Dalam kepenulisan proposal event harus di jelaskan sengan jelas dan lengkap mulai dari judul event, tujuan event, tempat kegiatan event, target peserta, rencana anggaran biaya, konsep acara, waktu dan tempat serta hasil yang diharapkan dalam pelaksanaan event.

3. Membuat rencana anggaran

Rencana anggaran dalam proposal event harus dituliskan secara detail agar tahu berapa pengeluaran dan keuantungan dan di tuangnkan dalam anggaran total. Dalam penyusunan anggaran dibutuhkan sebuah kontrol ketat yaitu : Menahan laju kenaikan biaya anggaran dan biaya tidak terduga, sekaligus mengontrol anggaran yang memiliki peluang untuk diturunkan atau efisiensi sehingga tercipta balance anggaran yang terkontrol. Proposal Anda harus dapat membuktikan bahwa sponsor akan lebih untung berinvestasi pada sponsorship dari pada kalau beriklan.

4. Rencana pemasaran

Rencana pemasaran yang telah Anda susun dicantumkan di bagian ini. Rencana tersebut menjelaskan bagaimana Anda akan memasarkan event Anda, nilai dari semua komponen pemasaran, media yang akan Anda gunakan, dan rencana publikasi.

5. Riset pasar

Untuk mendapatkan sponsor, Anda harus memiliki informasi menyeluruh mengenai pasar sasaran Anda, paling tidak profilnya – siapa mereka, tingkat pendidikan mereka, di mana mereka tinggal, dan sebagainya

Sekarang IDEBIZ.ID membuka pelatihan Mice Marcom  , pelatihan tersebut bisa diikuti yang mempunyai potensi Mice

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *