Tata Kelola Destinasi Wisata Alam

Tata Kelola Destinasi Wisata Alam

Tata Kelola Destinasi Wisata Alam

IDEBIZ. ID – Wisata Alam merupakan salah satu obyek yang berkaitan dengan rekreasi
dan pariwisata yang memanfaatkan potensi sumber daya alam dan ekosistemnya,
baik dalam bentuk asli (alami) maupun perpaduan dengan buatan manusia.
Akibatnya tempat-tempat rekreasi di alam terbuka yang sifatnya masih alami dan
dapat memberikan kenyamanan semakin banyak dikunjungi orang atau
wisatawan. Dalam dunia pariwisata istilah obyek wisata mempunyai pengertian
sebagai sesuatu yang menjadi daya tarik bagi seseorang wisatawan untuk
berkunjung ke suatu daerah tujuan wisata, bentuk kegiatan rekreasi dan
pariwisata yang memanfaatkan potensi sumberdaya alam, baik dalam keadaan
alami maupun setelah ada usaha budidaya, sehingga memungkinkan wisatawan
memperoleh kesegaran jasmaniah dan rohaniah, mendapatkan pengetahuan dan
pengalaman serta menumbuhkan inspirasi dan cinta terhadap alam.

Pengelolaan destinasi pariwisata merupakan inti dari keberlanjutan industri pariwisata. Keberlanjutan industri pariwisata akan sangat bergantung pada bagaimana stakeholder mengelola destinasi pariwisata agar destinasi kompetitif dan mampu menjangkau kebutuhan wisatawan baik dari aspek atraksi, aksesibilitas, dan amenitis. Pariwisata dapat berdampak besar pada suatu negara dan tentu saja pada destinasi pariwisata di wilayah tersebut. Dimensi pariwisata di seluruh dunia memiliki pengaruh ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan terhadap destinasi pariwisata.

Sesuatu yang menarik dari segi pariwisata adalah obyek – obyek wisatanya dan jenis jenis pariwisatanya, seperti wisata alam. Pariwisata daya tarik alam yaitu pariwisata yang dilakukan dengan mengunjungi daerah tujuan wisata yang memiliki keunikan daya tarik alamnya, seperti laut, gunung, air terjun, hutan, lembah dan objek wisata yang masih alami.

wisata alam adalah sumber daya alam yang berpotensi serta memiliki daya tarik bagi pengunjung baik dalam keadaan alami maupun setelah ada usaha budi daya. Potensi objek wisata alam dapat dibagi menjadi empat kawasan, yaitu :

  1. Flora dan fauna.
    1. Keunikan dan kekhasan ekosistem, misalnya ekosistem pantai dan ekosistem hutan bakau.
    1. Gejala alam, misalnya kawah, sumber air panas, air terjun dan danau.
    1. Budidaya sumber daya   alam, misalnya sawah, perkebunan, peternakan, usaha perikanan.

Tata kelola destinasi  pariwisata  menjadi perhatian dari para akademisi mengingat konsep ini menjadi pilihan bagi kebanyakan destinasi dalam mengelola potensi wisata. Bentuk atau jenis tata kelola destinasi sangat tergantung dari kebutuhan dan kepentingan dari organisasi tata kelola tersebut. Tujuan diartikan sebagai sasaran atau target yang akan dicapai suatu organisasi dalam menjalankan suatu kelompok organisasi tata kelola. Sasaran ini dituangkan dalam bentuk tujuan (goals) yang hendak dicapai pada periode tertentu. Aktifitas dapat dimaknai sebagai segala usaha, program atau kegiatan yang dijalankan dalam rangka mencapai tujuan organisasi tata kelola destinasi.


Sekarang IDEBIZ membuka Pelatihan Marketing Comunication Specialist khususnya memiliki standar kemampuan sesuai bidangnya dalam mengolah manajemen pengolahan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata Alam.

WhatsApp  : +62 851-6102-9533 // +62 81215017975 
Instagram  : @idebiz.id
Temukan penawaran menarik lainnya di platform kami idebiz.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.