Fungsi dan Tujuan Resepsionis

Fungsi dan Tujuan Resepsionis

IDEBIZ.ID – Apa saja fungsi dan tujuan resepsionis? Saat kita berkunjung ke sebuah tempat dan membutuhkan informasi serta arahan, kamu bisa menanyakan semua hal tersebut kepada resepsionis. Karena pada dasarnya, resepsionis adalah penghubung atau jembatan awal antara manajemen perusahaan dan para tamu.

Lalu apa saja fungsi dan tujuan resepsionis?

  1. Sebagai Record Keeper
    Sebagai seorang resepsionis, kita perlu memahami prosedur menerima dan menyampaikan pesan kembali. Seperti pesan dalam bentuk tulisan maupun lisan. Karena biasanya, para tamu yang datang sering menitipkan berbagai jenis pesan pada seseorang. Fungsi ini menuntut resepsionis untuk pandai memahami bahasa secara verbal maupun tulisan.
  2. Sebagai Diplomat
    Seorang diplomat dituntut agar pandai dalam bernegosiasi. Para tamu seringkali mengajukan berbagai pertanyaan. Jika seorang resepsionis tidak menemukan jawaban pasti, maka tunda dengan bahasa yang sopan dan baik. Tamu di lokasi juga memiliki maksud dan tujuan yang berbeda. Resepsionis harus paham tujuan yang ingin dilakukan, kemudian menjadi wakil perusahaan dalam memberi keputusan dan bertindak sebagai diplomat sesuai prosedur kantor.
  3. Sebagai Sumber dari Informasi
    Resepsionis adalah sumber informasi untuk menjawab setiap pertanyaan tamu. Oleh karena itu, resepsionis wajib menjaga hubungan baik dengan departemen lain., khususnya yang berurusan dengan kepentingan tamu.
  4. Sebagai Guest Analyst
    Tugas resepsionis salah satunya adalah menganalisa tamu yang datang. Kepandaian memilah informasi kepada tamu adalah hal yang penting untuk menjaga keamanan. Hingga meneliti gerak gerik tamu yang berpotensi merugikan dan mencurigakan.
  5. Sebagai Sales
    Perusahaan jasa dan perhotelan, seorang resepsionis juga bertindak sebagai sales. Yaitu menjual setiap produk maupun jasa perusahaan dengan meyakinkan pelanggan.

Bagi kalian para pelaku wisata yang ingin belajar dalam meningkatkan skill pada bidang pariwisata dan perhotelan, idebiz.id menyediakan berbagai jenis pelatihannya dan kami juga telah bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia lho! Dengan materi yang menarik serta trainer berpengalaman, yuk buruan ikuti pelatihannya sekarang juga!

Baca juga : …Pelatihan Receptionist (Front Office)

Contact Us
WhatsApp : 085161029533 (Admin 1) / 081215017975 (Admin 2)
Telpon : 0274 543 761
Instagram : @idebiz_id
Email : [email protected]

Tinggalkan Balasan