Syarat Menjadi Resepsionis

Syarat Menjadi Resepsionis

IDEBIZ.ID – Apa saja syarat menjadi resepsionis? Syaratnya ialah setidaknya lulusan SMA/SMK, akan lebih baik jika lulusan SMK Perhotelan. Kemudian untuk lulusan diploma atau sarjana adalah diprioritaskan dari jurusan manajemen perhotelan maupun administrasi perkantoran.

Di samping latar belakang pendidikan, syarat menjadi resepsionis antara lain sebagai berikut.

  1. Pengetahuan
    Syarat utama menjadi resepsionis adalah memiliki pengetahuan, khususnya di bidang hospitality. Seorang resepsionis harus memiliki pengetahuan umum lantaran mereka akan menerima tamu dari berbagai latar belakang yang berbeda, baik itu suku, budaya, bahkan negara.

    Selain itu, resepsionis juga harus memiliki pengetahuan khusus terkait perusahaannya. Pasalnya tugas dan tanggung jawab resepsionis adalah bukan hanya menyambut kedatangan tamu, melainkan juga mencatat informasi tamu dan menjual keunggulan produk maupun fasilitas dari perusahaan itu sendiri. Maka, mereka harus mempelajari mengenai informasi perusahaan, agar dapat memberikan penjelasan dengan baik dan jelas kepada tamu.
  2. Kepribadian
    Seorang resepsionis harus memiliki kepribadian yang baik dan menyenangkan. Mereka harus selalu siap membantu tamu jika diperlukan, menjadi pendengar yang baik, dan senang berhubungan dengan tamu. Seorang resepsionis harus selalu bersikap ramah, murah senyum, dan sopan agar pengunjung merasa nyaman.

    Selain itu, resepsionis juga perlu memiliki kepribadian baik, seperti memberikan layanan terbaik kepada antar bagian dalam perusahaan dan kepada perusahaan lain. Mempunyai semnagat yang tinggi, gigih, cerdas, dan juga rasa bertanggung jawab agar mereka selalu berusaha menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu tanpa harus selalu diawasi oleh atasannya.
  3. Perilaku
    Perilaku resepsionis tak hanya berhubungan dengan sikap, melainkan juga penampilan yang baik, bersih, rapi, dan sopan. Selain itu, peralatan kerja seperti alat-alat tulis harus tersusun rapi pada tempatnya agar tamu merasa nyaman dan puas dengan layanan resepsionis.

Bagi kalian para pelaku wisata yang ingin belajar dalam meningkatkan skill pada bidang pariwisata dan perhotelan, idebiz.id menyediakan berbagai jenis pelatihannya dan kami juga telah bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia lho! Dengan materi yang menarik serta trainer berpengalaman, yuk buruan ikuti pelatihannya sekarang juga!

Baca juga : …Fungsi dan Tujuan Resepsionis

Contact Us
WhatsApp : 085161029533 (Admin 1) / 081215017975 (Admin 2)
Telpon : 0274 543 761
Instagram : @idebiz_id
Email : id.ide.biz@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *