Peran Utama Resepsionis Hotel

Mengelola Ketersediaan Kamar: Tugas Seorang Resepsionis Hotel

IDEBIZ.ID – Apa saja peran utama resepsionis hotel? Tugas utama seorang resepsionis adalah menerima sekaligus menyambut tamu. Seorang resepsionis harus selalu dalam keadaan siap, karena tamu bisa datang setiap saat.

Lalu apa saja peran utama resepsionis hotel?

  1. Memberikan pelayanan terbaik. Sebagai pihak yang berhubungan langsung dengan publik atau orang luar, resepsionis wajib memegang etika senyum, sapa, dan juga salam. Hal ini untuk memberikan kesan baik dan ramah sehingga para tamu pun tidak sungkan untuk bertanya.
  2. Menyampaikan informasi secara jalas. Tamu atau pengunjung yang datang pasti membutuhkan sebuah informasi. Seorang resepsionis harus bisa menjawab pertanyaan tamu secara singkat, padat, dan jelas. Jika tamu sudah membuat janji atau ingin ke ruangan tertentu, resepsionis tinggal mengarahkan mereka ke tempat yang ingin dituju.
  3. Mengatur jadwal pertemuan antara tamu dan pihak kantor. Bila ada tamu yang ingin bertemu dengan seseorang di kantor tersebut dan belum membuat janji, resepsionis juga bertanggung jawab untuk mengatur pertemuan antara kedua belah pihak
  4. Menerima dan meneruskan panggilan telepon. dan Menjawab Telepon dengan Sopan dan Ramah Walau tidak bertemu secara langsung, resepsionis harus tetap bisa memberikan kesan ramah saat menjawab telepon. Keramahan ini bisa didengar dari ucapan salam, intonasi suara, atau pemilihan kata-katanya
  5. Meneruskan panggilan telepon ke pihak terkait. Sebagian penelepon tidak hanya ingin mencari informasi, tetapi juga ingin menghubungi seseorang atau bagian tertentu di dalam kantor. Tugas resepsionis adalah menerima dan meneruskan telepon tersebut ke pihak terkait
  6. Mencatat telepon masuk. Resepsionis bertugas untuk mencatat semua panggilan telepon yang masuk ke kantor, termasuk pesan atau keluhan yang disampaikan oleh si penelepon. Tugas ini memang terlihat sepele, tapi data-data telepon seperti ini bisa berguna bagi perusahaan.

Bagi kalian para pelaku wisata yang ingin belajar dalam meningkatkan skill pada bidang pariwisata dan perhotelan, idebiz.id menyediakan berbagai jenis pelatihannya dan kami juga telah bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia lho! Dengan materi yang menarik serta trainer berpengalaman, yuk buruan ikuti pelatihannya sekarang juga!

Baca juga : …Fungsi dan Tujuan Resepsionis

Contact Us
WhatsApp : 085161029533 (Admin 1) / 081215017975 (Admin 2)
Telpon : 0274 543 761
Instagram : @idebiz_id
Email : [email protected]

Tinggalkan Balasan