Pelatihan Liaison Officer

Pelatihan Liaison Officer

Pelatihan Liaison Officer

IDEBIZ.ID Bicara tentang suatau acara yang selanjutnya disebut EO, kita harus mengerti dulu tentang apa kriteria EO. Istilah ini sekarang memang sangat popular, di dunia EO di berbagai tempat semakin berkembang. Bahkan, beberapa pihak telah menjadikannya sebagai profesi. Organizer mempunyai ruang lingkup kerja yang luas, sesuai dengan event yang ada dan perkembangannya. Kebanyakan dari kita masih menganggap bahwa organizer hanya untuk pentas musik saja. Padahal organizer adalah sekelompok orang yang terdiri dari tim pelaksana, tim pekerja , tim produksi dan tim manjemen yang melaksanakan tugas operasional suatu acara atau melakukan pengorganisasian untuk mewujudkan suatu program acara.

Dalam  kegiatan Event Organizer  terdapat satu tugas yang disebut dengan LO yang merupakan  singkatan dari Liaison Officer. LO adalah seorang penghubung atau pendamping antara peserta dengan pihak penyelenggara. Tidak hanya itu saja, Liaison officer adalah orang yang menanyakan keperluan dan kebutuhan tamu pembicara atau narasumber yang dibutuhkan, kemudian LO yang bertugas menyampaikan ke tim panitia. Tanggung jawab kerja seorang liaison officer sebenarnya menyenangkan, terutama bagi mereka yang memiliki passion di bidang tersebut.

Liaison officer bekerja di sektor publik dan swasta, dan sering dipekerjakan oleh lembaga pendidikan, pemerintah, penegak hukum, militer, dan organisasi besar. Meski tugas terkait komunikasi mereka biasanya tetap sama, tanggung jawab khusus seorang LO bervariasi, tergantung pada pemberi kerja. Di militer, tanggung jawab LO dapat mencakup sebagai wakil pribadi perwira komandan untuk pasukan sekutu dan sebagai jembatan komunikasi antara komandan dan penghubung lainnya, komandan dan perwira staf.

Peran LO bisa sangat luas, mereka dapat bekerja di sektor publik atau swasta. Tanggung jawab dan tugas mereka seringkali berbeda-beda tergantung pada perusahaan atau organisasi tempat mereka bekerja. Dilansir dari au.indeed.com, berikut adalah daftar beberapa tugas umum yang seringkali menjadi tanggung jawab bagi liaison officer:

  • Berkomunikasi dengan publik atas nama perusahaan atau organisasi mereka
  • Menyampaikan siaran pers atau media di forum publik
  • Menghadiri dan berbicara di pertemuan
  • Bertindak sebagai titik kontak bagi karyawan di dalam perusahaan atau organisasi mereka
  • Meneliti dan menulis laporan dan korespondensi lainnya untuk memfasilitasi komunikasi.
  • Membantu briefing perusahaan.
  • Mengidentifikasi masalah komunikasi di dalam perusahaan atau organisasi mereka.
  • Bekerja sama dengan departemen lain untuk membantu komunikasi.
  • Menyimpan daftar kontak dengan orang-orang yang relevan dari agensi, perusahaan, atau organisasi lain.
  • Bertemu dengan orang-orang dari agensi, perusahaan, atau organisasi lain.
  • Membina hubungan positif dengan profesional lain di industry.

Manfaat Menjadi Liason Officer

Seperti yang aku sampaikan di atas, bahwa aku mau berbagi manfaat menjadi LO. Aku menuliskan ini berdasarkan pengalaman pribadi selama beberapa kali ambil bagian dalam sebuah event :

  1. Meningkatka Skill Komunisasi

Belajar berkomunikasi dengan lebih baik dengan tamu narasumber atau artis dan bisa berbasa basi dengan tidak berlebihan

  • Menambah Wawasan

Peran Liaison Officer mampu menggali pengalaman orang yang akan kita dampingi.

  • Belajar Memahami Orang Lain

Dalam mendampingi seseorang karakter seseorang pasti akan berbeda beda Terkadang mungkin orang yang kita dampingi punya keinginan sedikit aneh  nyleneh maka kita belajar untuk memahami keinginan tersebut. Jika dari pihak penyelenggara tak bisa memenuhinya, maka tugas kita adalah menginformasikan dengan bahasa yang baik.

  • Melatih Regulasi emosi

Pentingnya kemampuan regulasi emosi bagi seorang LO adalah tidak semua orang yang didampingi orang yang menyenangkan, disnilah pentingnya kemampuan regulasi emosi tetap harus professional dan menghormati yang didampinginya

  • Memperluas Jaringan

Bagaimana kita sebagai LO berkesempatan mengenal lebih banyak orang agar relasi pertemanan semakin luas

Sekarang IDEBIZ membuka Pelatihan Marketing Comunication Specialist khususnya memiliki standar kemampuan sesuai bidangnya dalam mengolah manajemen pengolahan Tata Kelola Destinasi Wisata Alam.WhatsApp  : +62 851-6102-9533 // +62 81215017975 
Instagram  : @idebiz.id
Temukan penawaran menarik lainnya di platform kami idebiz.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.