Pelatihan Pemijatan Bayi Dengan Benar

Pelatihan Pemijatan Bayi Dengan Benar

Pelatihan Pemijatan Bayi Dengan Benar

IDEBIZ.ID Pijat bayi ini telah dilakukan di Indonesia sejak dahulu kala, turun temurun tanpa diketahui bagaimana pijatan atau sentuhan berdampak positif bagi tubuh manusia. Bagian sentuhan adalah kulit, yaitu bagian yang teluas dari tubuh manusia, bayi dapat merasakan fungsi ini sejak dari kandungan. Ujung saraf pada permukaan kulit akan langsung bereaksi terhadap sentuhan yang diberikan. Beberapa kasus dengan bayi lahir prematur juga sangat efektif untuk dilakukan sentuhan lembut.

Pijat bayi bisa dikatakan juga dengan terapi sentuh, dikarenakan adanya pijatan dan
komunikasi yang baik dan nyaman antara ibu dan bayinya. Sentuhan ini memberikan pijatan yang
ringan, sehingga bayi merasa aman dan nyaman. Banyak para ibu yang melakukan pijat bayi pada
dukun bayi atau pijat tradisional. Beberapa dari mereka menganggap pijat ke dukun untuk
menyembuhkan penyakit pada bayi mereka, pada kenyataannya pijat ini dapat dilakukan sendiri
dengan ibu, ayah, atau sanak sodara lainnya yang merupakan pijatan terbaik karena adanya
sentuhan kasih sayang dari orang tua.

Massage bayi atau pijat bayi merupakan terapi sentuh yang diberikan pada bayi yang apat memberikan jaminan adanya kontak tubuh berkelanjutan yang dapatmempertahankan perasaan aman pada bayi . Seni pijat ini telahdipraktekkan hampir diseluruh dunia termasuk indonesia. Meskipun tidak diketahuidengan jelas pijat dan sentuhan dapat berpengaruh positipada tubuh manusia. pijat bayi adalah praktek pengasuhan anak kuno yang masih dipraktekkan di seluruhdunia. “penelitian medis terbaru telah membuktikan banyaknya manfaat pijat bayi.Sebuah studi menunjukkan bahwa bayi prematur yang dipijat tiga kali sehari selamasepuluh hari mendapatkan kenaikan berat badan hampir persen lebih banyak lebih akti dan waspada dan dapat meninggalkan rumah sakit enam hari lebih cepat dibandingkan bayi prematur lainnya. pijat bayi saat merangsang syara motorik memperbaiki pola tidur membantu pencernaan dan meningkatkanketenangan emosional anak selain menyehatkan tubuh dan otot. Yang dipijat dengan baik dan teratur dapat tumbuh lebih sehat dan berkembang lebih baik.

Selama melakukan pemijatan ibu atau terapis dianjurkan untuk memandang mata bayi dengan penuh kasih saying bernyanyilah  atau putarkan lagu lagu yang tenang dan lembut awali pemijatan dengan melakukan sentuhanringan kemudian secara bertahap tambahkan tekanan sebelum pemijatan lumurkan lotion  bedak sebaiknya dimulai dari kaki perut dada tangan  mukadan diakhiri punggung.  bayi menangis tenangkan dulu dan jika lebih keras hentikan pemijatan mungkin bayi sudah ngantuk atau mengharapkan digendong. indarkan mata bayi dari lotion lakukan konsultasi pada dokter atau terapisuntuk mendapatkan keterangan lebih lanjut tentang pemijatan bayi. Untuk itu pastikan bayi telah melewatkan waktu makannya terlebih dahulu sebelum dipijat

Untuk memijat bagian kaki hendaknya dimulai dengan memegang kaki bayi pada pangkal paha seperti cara memegang gerakan memijat cukup dilakukan dengan cara menggerakkan tangan ke arah mata kaki secara bergantian kaki kiri dan kaki kanan. ibu bisa melakukan kombinasi gerakan denganmemgang pangkal paha secara bersamaan kemudian memutar kaki bayi denganlembut kearah mata kaki. Urut juga bagian telapak kaki dengan dua ibu jari secara bergantian dari tumit ke seluruh telapak kaki. pijat jari kaki dengan gerakanmemutar menjauhi telapak kaki satu persatu dengan lembut. khiri gerakan tersebutdengan tarikan lembut disetiap ujung jari. Selanjutnya putar pergelangan kaki perlahan dan Usap kaki bayi dengan tekanan lembut dari pangkal paha hingga akhir.

Untuk memijat bagian perut bayi ibu bisa melakukan gerakan mengayuhsepeda dari atas kebawah. pijatlah perut bayi dari bagian kiri atas ke bawah denganmenggunakan jari jari tangan membentuk huru4 pijat perut bayimembentuk huruterbalik mulai dari kanan bawah ke atas kemudian kekiri kebawah dan berakhir diperut kiri. Terapis tidak menyarankan untuk menekan perut bayi terlalu dalam. hal ini dapat menimbulkan kerusakan tata letak usus dan karenahal inilah beberapa dokter tidak menyarankan pijat bayi. Untuk itu hendaknya ibu memastikan gerakan ini dilakukan secara perlahan.

Untuk memijat bagian dada bayi ibu bisa melakukan gerakan ke atas bawah pada leher belakang. Lanjutkan dengan gerakan pijat untuk tulang selangka ke arah kiri kanan dengan membentuk gambar jantung. Untuk memijat punggung bayi pertama tama tengkurapkan bayi melintang dari agar anda. pijat punggung dengan gerakan maju mundur sepanjang punggung mulai dari pantat hingga leher. uatgerakan melingkar dengan jari lima  mulai batas punggung sampai dengan pantat.

pemijatan pada bagian Ketiak dari atas ke bawah pada lengan dapatdilakukan dengan cara memeras dan memutar lengan bayi dari arah pundak menuju pergelangan tangan. Setelah itu pijatlah telapak tangan dengan ibu jari mulai telapak hingga jari tangan bayi. lakukan usapan lembut pada punggung tangan dari arah pergelangan ke jari jari. sekeliling pergelangan tangan dengan ibu jari dan telunjuk.

Untuk melakukan pemijatan pada bagian muka bayi cukup dilakukan dengancara meletakkan ibu jari diantara alis mata si bayi. lakukan pemijatan menggunakanibu jari secara lembut pada alis dan di atas kelopak mata. “ijat dari pertengahan alisturun ke bawah melalui samping lipatan hidung.gerakkan kedua ibu jari anda daritengah ke samping dan ke atas kearah pipi seolah membuat bayi tersenyum

Sekarang IDEBIZ membuka Pelatihan Marketing Comunication Specialist khususnya memiliki standar kemampuan sesuai bidangnya dalam mengolah manajemen pengolahan Tata Kelola Destinasi Wisata Alam.WhatsApp  : +62 851-6102-9533 // +62 81215017975 
Instagram  : @idebiz.id
Temukan penawaran menarik lainnya di platform kami idebiz.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.