Pelatihan  Pemandu Museum

Pelatihan  Pemandu Museum

Pelatihan  Pemandu Museum

IDEBIZ.ID Pemandu  museum menjadi penting karena tanpa penjelasannya daya tarik ataupun atraksi bagi wisatawan di museum akan terasa kurang berkesan. Tugas pemandu wisata museum selain memberikan penjelasan terkait dengan daya tarik ataupun atraksi yang disediakan juga dapat sebagai sumber informasi bagi wisatawan terutama terkait dengan even—event penunjang di museum. Lingkup pekerjaan pemandu wisata di museum tidaklah berbeda jika dibandingkan pemandu wisata secara umum. Meskipun demikian diperlukan kemampuan berkomunikasi yang baik, standar presentasi personal yang prima serta penguasaan materi yang akan disampaikan. Kemampuan tersebut dapat diperoleh dari jam terbang dan proses belajar

 Museum sebagai produk budaya dan wisata yang merupakan salah satu atraksi wisata budaya untuk Pariwisata kota. Museum tidak hanya memamerkan benda peninggalan sejarah melainkan juga sarana edukasi bagi pengunjung melalui bentuk interpretasi dan program khusus yang merefleksikan keberadaan Museum. Perkembangan Permuseuman di Indonesia dewasa ini secara fisik cukup menggembirakan, namun hal tersebut kurang diimbangi perkembangan pengetahuan dan kemampuan teknis dalam menyampaikan informasi permuseuman. Dalam hal ini ditangani oleh Pamong Budaya atau disebut juga Pemandu Museum.

Pemandu Museum adalah orang terdepan dalam memberikan bimbingan, penerangan dan petunjuk mengenai koleksi museum serta pelayanan lainnya. Dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan dituntut mampu dan memahami sesuai dengan bidang tugasnya. Dari adanya peluang tersebut, pelatihan ini menyiapkan para peserta untuk mempelajari pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Pemandu Museum yang mampu untuk memandu di museum secara profesional. Dengan metode pengajaran berupa ceramah interaktif, demonstrasi, dan studi kasus dari pemateri, peserta akan lebih mudah menangkap materi. Peserta pun juga bisa mengerjakan kuis di setiap topik yang telah diselesaikan guna mengukur sejauh mana materi telah diserap. Tugas praktik di akhir pelatihan juga membantu peserta untuk menerapkan keterampilan yang telah diajarkan dalam program ini.

Museum merupakan daya tarik wisata baik yang berada di daerah perkotaan maupun yang saat ini berada di kabupaten di Sulawesi Selatan. Suatu daerah dapat memiliki potensi daya tarik wisata alam, budaya dan buatan. Museum dapat dikategorikan sebagai daya tarik wisata buatan . Museum dibangun untuk kebutuhan pelestariankoleksisertapenikmatan manusia atas eksistensi suatu benda-benda peninggalan manusia.

Tujuan dengan adanya pelatihan  tersebut adalah melahirkan Pemandu Museum  yang mampu mengenalkan kepemanduan pelatihan museum  Indonesia  bahkan dapat bersaing di kancah internasional.

Sekarang IDEBIZ membuka Pelatihan Marketing Comunication Specialist khususnya memiliki standar kemampuan sesuai bidangnya dalam mengolah manajemen pengolahan Tata Kelola Destinasi Wisata Alam.

WhatsApp  : +62 851-6102-9533 // +62 81215017975 
Instagram  : @idebiz.id
Temukan penawaran menarik lainnya di platform kami idebiz.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.