Tanggung Jawab Layanan Pelanggan

Tanggung Jawab Layanan Pelanggan

IDEBIZ.ID – Apa saja tanggung jawab layanan pelanggan? Terkadang posisi dari seorang pelayan pelanggan atau customer service memang dianggap hal yang sepele. Padahal tugas tersebut merupakan bagian yang memegang peran penting pada proses pertahanan perusahaan. Alasannya karena customer service yang secara langsung berhubungan dengan pelanggan. Pada dasarnya, seorang customer service  mempunyai banyak peran dan fungsi di dalam suatu perusahaan. Paling tidak terdapat dua fungsi paling utama sebagai seorang CS, yaitu menjadi humas terdepan maupun menciptakan kultur perusahaan yang positif.

 

Lalu apa saja tanggung jawab layanan pelanggan?

1. Menjawab pertanyaan tentang produk atau layanan perusahaan

Seorang customer service harus siap menjawab setiap pertanyaan pelanggan, khususnya mengenai produk atau layanan yang mereka tawarkan. Setiap respon yang diberikan sangat mempengaruhi pandangan pelanggan nantinya. Oleh karena itu, pengetahuan akan produk sangat penting untuk dipahami oleh setiap customer service.

2. Menyampaikan informasi tentang penawaran perusahaan

Selain menjawab pertanyaan pelanggan, tugas customer service juga mencakup memberikan informasi tentang penawaran khusus perusahaan mengenai produk yang sesuai. Bisanya ini dapat terjadi setelah menanggapi pertanyaan utama dari pelanggan. Namun, yang terpenting adalah tetap memperhatikan konteks pembicaraan dan mengedepankan kebutuhan pelanggan.

3. Menangani dengan ramah setiap keluhan pelanggan

Tidak selamanya customer service hanya berhadapan dengan pertanyaan, tak jarang mereka juga harus dapat menanggapi keluhan pelanggan. Hal ini tidak terlepas dari posisi CS sebagai titik terdepan dalam pelayanan. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik harus dapat dimiliki oleh seorang customer service.

4. Memberikan layanan pelanggan yang proaktif

Customer service yang baik tidak hanya sekedar menunggu dan menanggapi pertanyaan dari pelanggan. Mereka juga harus aktif untuk dapat membangun komunikasi yang baik dan juga nyaman. Misalnya meminta tanggapan pelanggan terkait produk dan layanan yang telah diberikan. Selain itu, menanyakan kebutuhan lainnya dapat menunjukkan perhatian perusahaan kepada pelanggan.

5. Merekomendasikan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan

Tugas selanjutnya dari customer service adalah memberikan rekomendasi produk yang kemungkinan dapat membantu atau menjadi solusi atas permasalahan yang dialami oleh pelanggan. Misalnya menawarkan produk lainnya jika pelanggan merasa tidak puas dengan produk atau layanan yang telah mereka beli.

6. Siap untuk memberi rujukan penyelesaian masalah dan pertanyaan kepada manajer jika perlu

Seorang CS juga harus siap untuk memberikan rujukan kepada pelanggan untuk berkomunikasi dengan manajer jika terjadi sesuatu yang penting. Tak jarang pelanggan baru merasa puas ketika mereka dapat berbicara dengan manager. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan mereka terhadap CS itu sendiri. Oleh karena itu, kejadian yang terjadi tidak sepenuhnya salah dari customer service. Namun, ketika hal tersebut terjadi, seorang CS harus bisa mengendalikan serta mengkomunikasikan secara baik kepada pelanggan dan kepada manager.

 

Bagi kalian para pelaku wisata yang ingin belajar dalam meningkatkan skill pada bidang pariwisata dan perhotelan, idebiz.id menyediakan berbagai jenis pelatihannya dan kami juga telah bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia lho! Dengan materi yang menarik serta trainer berpengalaman, yuk buruan ikuti pelatihannya sekarang juga!

Baca juga : …Perbedaan Customer, Consumer, dan Client

 

Contact Us
WhatsApp : 085161029533 (Admin 1) / 081215017975 (Admin 2)
Telpon : 0274 543 761
Instagram : @idebiz_id
Email : [email protected]

 

 

Tinggalkan Balasan