4 Tanggung Jawab Utama Resepsionis

4 tanggung jawab utama resepsionis

IDEBIZ.ID – Apa saja 4 tanggung jawab utama resepsionis?

Lalu apa saja 4 tanggung jawab utama resepsionis?

Dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya, seorang resepsionis minimal harus menjalankan 4 kewajiban berikut:

  1. Menerima dan Menyambut Tamu
    Resepsionis harus selalu dalam keadaan siap selama jam tugasnya agar semua tamu dapat tersambut dengan baik. Resepsionis harus selalu senyum dan bersikap ramah kepada para tamu. Oleh karena itu, kesan pertama muncul di tahap ini yang berarti sikap resepsionis sangat mencerminkan image kantor di mata tamu.
  2. Melayani Kebutuhan Tamu
    Selain menerima dan menyambut tamu, resepsionis juga berperan menanyakan keperluan dan kebutuhan tamu. Setelah mengetahui keperluan dan kebutuhan tamu, resepsionis berperan untuk menyediakan kebutuhan mereka atau mengarahkan tamu kepada bagian terkait. Hal ini menjadikan resepsionis berperan sebagai jembatan pertama yang menghubungkan antara tamu dan bagian-bagian dalam kantor.
  3. Menerima dan Meneruskan Telepon
    Nomor telepon perusahaan biasanya banyak tertera untuk diakses secara umum oleh pengunjung. Oleh karena itu, sebagai pintu pertama dalam kontak telepon, resepsionis harus dapat mengerti cara menerima telepon dengan baik. Dalam menerima telepon yang baik, mencakup etika berbicara dalam telepon, nomor ekstensi untuk meneruskan panggilan kepada pihak terkait, hingga protokol pencatatan telepon masuk untuk arsip data.
  4. Menerima dan Meneruskan Kiriman/Paket
    Selain menerima dan meneruskan panggilan telepon, sebagai gerbang utama kantor resepsionis juga bertugas untuk menerima dan meneruskan kiriman. Dalam menerima kiriman atau paket, resepsionis bertugas memeriksa alamat pengiriman, apakah sudah benar atau belum serta keberadaan pihak atau divisi yang tercantum dalam paket. Setelah itu, resepsionis bertugas untuk menghubungi pihak terkait untuk mengonfirmasi kedatangan kiriman dan meneruskan kiriman tersebut.

Bagi kalian para pelaku wisata yang ingin belajar dalam meningkatkan skill pada bidang pariwisata dan perhotelan, idebiz.id menyediakan berbagai jenis pelatihannya dan kami juga telah bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Jana Dharma Indonesia lho! Dengan materi yang menarik serta trainer berpengalaman, yuk buruan ikuti pelatihannya sekarang juga!

Baca juga : …Pelatihan Receptionist (Front Office)

Contact Us
WhatsApp : 085161029533 (Admin 1) / 081215017975 (Admin 2)
Telpon : 0274 543 761
Instagram : @idebiz_id
Email : [email protected]

Tinggalkan Balasan